Jumat, 16 September 2011



Jangan Pasang Kawat Gigi/Behel Sembarangan


Jangan pasang kawat gigi/ behel sembarangan. Banyak orang yang menggunakan behel [kawat gigi] dengan alasan yang bermulai dari masalah gigi bertumpuk gingsul atau gigi maju, dan ada juga yang memasangnya sebagai tren saja. Tapi saya sarankan anda jangan sembarangan memasangnya karena intinya behel adalah untuk kesehatan. Memasang behel memang ada keuntunganya, antara lain gigi anda bisa rapi dan paras juga menjadi lebih enak dilihat dan sehat. Namun disamping itu selain dapat membantu anda tampil lebih percaya diri untuk memasangnya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit lo.., tapi yang penting anda jangan pasang kawat gigi/behel sembarangan yang justru tidak menjamin kesehatan anda.
Tak hanya itu. Makin banyaknya orang yang memasang kawat gigi, khususnya remaja dan kaum perkotaan (urban), tidak cuma klinik gigi yang ikut berkembang. Tempat-tempat di luar klinik gigi pun bermunculan menawarkan beragam jenis behel beserta ahli gigi (bukan dokter).
Drg Darmawan Sutantyo mengimbau masyarakat untuk tidak tergiur memasang kawat gigi dengan harga murahharga murah.
Menurut Ketua Ikatan Orthodontis Indonesia (Ikorti) praktik pasang kawat gigi ilegal dapat membahayakan pasien. Karena bila bukan ahlinya justru dapat menyebabkan kerusakan syaraf dan sendi rahang.
Fungsi utama pemasangan kawat gigi, adalah untuk merapikan gigi bukan sebagai gaya hidup.

Bila gigi telah rapi akan berpengaruh pada fungsi mengunyah, mudah dibersihkan, berbicara dan penampilan lebih terlihat bagus.
Jadi pemilik izin praktik pemasangan kawat gigi itu hanya diberikan pada dokter gigi spesialis orthodontik.
Bila ada dokter gigi biasa dan ahli gigi yang membuka praktik pemasangan kawat gigi, itu bisa dibilang ilegal.
Jika dokter-dokter yang membuka praktik pemasangan kawat gigi ilegal biasanya menggunakan bahan-bahan dari Cina yang diragukan keamanannya tidak menjamin kesehatan.
Spesialis orthodontik tentu selalu mengutamakan keselamatan pasien yang ingin memasang kawat gigi, dan standar aman menggunakan alat dan bahan dari Jerman. Maka ingat ya kawat gigi bukan untuk gaya lo…, tapi untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...